UPS TEGAL SOFT LOUNCHING SETRA HKI

  • Friday, May 18 2018

Tegal-Lembaga Inovasi dan Publikasi Ilmiah Universitas Pancasakti Tegal meresmikan soft lounching sentra Hak Kekayaan Intelektual (HKI), di ruang Aula Yayasan Pendidikan Pancasakti Tegal, komplek terpadu UPS Tegal, Rabu (16/5). Dalam kegiatan tersebut dihadiri perwakilan dosen, ketua program studi, dan pejabat struktural di lingkungan UPS Tegal.

 

Maya Hapsari, M.Si. selaku kepala bidang.Hak Kekayaan Intelektual mengatakan acara soft lounching ini merupakan kebutuhan yang mendesak dikarenakan banyak dosen internal UPS Tegal yang sudah akan mendaftarkan hasil produknya untuk memperoleh HKI. Kegiatan ini sekaligus untuk menyebarluaskan infromasi bahwa di UPT Inovasi dan Publikasi Ilmiah UPS Tegal sudah memiliki sentra HKI. “sentra HKI bertugas memberikan beberapa pelayanan seperti konsultasi pengurusan HKI yang meliputi pendaftaran, penyusunan dokuman, dan perolehan HKI.

Menurut Maya pula bahwa dosen UPS Tegal yang memilki karya tulis, karya seni, temuan penelitian, teknologi tepat guna, merk, logo yang ingin didaftarkan untuk memperoleh perlindungan Hak cipta, hak kekayaan intelektual, kini sudah mudah untuk dilakukan lewat sentra HKI UPS Tegal. “Dulu sebelum ada sentra HKI pengurusan yang dilakukan memerlukan waktu beberapa bulan dapat dipangkas menjadi satu hari melalui sentra HKI” tambahnya.

Kegiatan tersebut dibuka dan diresmikan oleh Rektor UPS Tegal Dr. Burhan Eko Purwanto. Beliau menyampaikan harapan agar sentra HKI UPS Tegal tidak hanya melayani kalangan internal dari dalam UPS Tegal saja, tetapi juga harus bisa membantu dan mefasilitasi pihak di luar UPS Tegal seperti pihak industri dan UMKM di sekitar Tegal. Menurut Dr. Burhan Eko Purwanto, akses pendaftaran melalui lembaga sentra HKI UPS Tegal, akan sangat membantu para dosen di lingkungan UPS Tegal maupun masyarakat umum.

Ketua Lembaga Inovasi dan Publikasi Ilmiah Arif Zainudin, M.IP. menyampaikan bahwa sudah ada sekitar lima produk yang akan didaftarkan hak patennya di sentra HKI UPS Tegal.

“sudah ada sekitar 5 yang mendaftarkan ke kami, yang berasal dari dosen UPS Tegal. Banyak yang akan di HKI-kan dari mulai buku, teknologi tepat guna, ada yang mendaftarkan merk juga” Katanya.

“Di wilayah kopertis IV wilayah Pantura sendiri, sentra HKI UPS Tegal merupakan satu-satunya sehingga membuat lembaga Inovasi dan Publikasi Ilmiah bersemangat untuk mengadakan soft lounching.” Tambahnya Kembali.

Dalam beberapa waktu ke depan sampai lounching resmi pihaknya akan terus melakukan upaya memperluas dan memperkenalkan sentra HKI pada masyarakat dan instansi terkait, sesuai dengan arahan Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum. sesuai dengan arahan Rektor saat menyampaikan sambutannya.

Rate this item
(0 votes)
Published in Berita Kampus

Hot events