KELUARGA BESAR UPS TEGAL ADAKAN HALALBIHALAL UNTUK MEMPERERAT SILATURAHMI

  • Saturday, Jun 30 2018

Tegal- Universitas Pancasakti Tegal mengadakan kegiatan halalbihalal dalam rangka perayaan Idulfitri 2018. Acara silaturahmi ini dihadiri oleh keluarga besar Universitas Pancasakti Tegal serta Pimpinan dan pengurus Yayasan Pendidikan Pancasakti Tegal.

Rektor Universitas Pancaskti Tegal Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum. dalam sambutannya menyampaikan  bahwa tradisi halalbihalal merupakan tradisi lokal bangsa Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara lain. Hal ini tercermin secara etimologi bahwa bahasa halalbihalaltidak terdapat di dalam bahasa Arab, ini mengindikasikan bahwa kegiatan yang dilakukan setelah ramadan sudah dilakukan sejak Sunan Kalijaga menyebarkan agama Islam di Nusantara.

 

Sebagai budaya Dr. Burhan Eko Purwanti, M.Hum. menuturkan jika masyarakat Indonesia harus dapat menjaga tradisi yang baik ini dan jika perlu masyarakat perlu merenungkan ungkapan maaf secara lahiriah juga menjadi ungkapan batiniah yang paling dalam serta iklas. Bukan hanya salaing memaafkan dan bersilaturahmi Beliau menuturkan hendaknya budaya saling memaafkan harus menjadi tradisi dilingkungan UPS Tegal sehingga etos kerja yang maksimal dapat terlihat dengan adanya kerukunan antarkeluarga UPS Tegal.

“jika budaya saling memaafkan secara iklas akan menimbulkan kerukunanan dan mepererat silaturahmi yang  baik antarkeluarga Besar UPS Tegal” Ujarnya di Auditorium Dariyoen Seno Atmodjo Universitas Pancasakti Tegal, Kamis 28 Juni 2018.

Lebih lanjut beliau menuturkan jika salaing memaafkan dengan tulus bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari maka akan tercipta kerukunan dan kerja sama yang baik sehingga peningkatan kinerja dan peningkatan integritas untuk UPS Tegal yang lebih maju dapat tercapai.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Yayasan Pendidikan Pancasakti Tegal Dr. Imawan Sugiharto, M.H. juga mengajak hadirin yang hadir untuk bersama-sama salaing memaafkan dalam acara halalbihalal tersebut. Saling memaafkan dengan iklas dan tulus untuk memperkuah ukuah islamiah.

“semoga kita semua yang hadir di ruangan ini mendapatkan keridoaan Allah SWT sehingga dengan salaing memaafkan kita dapat memperkuat ukuah Islamiyah dan persatuan di internal UPS Tegal. Dengan momentum ini semoga Allah akan melebur rasa iri dan dengki diantara kita. Terakhir kami selaku Yayasan Pendidikan Pancasakti Tegal memohon maaf lahir dan batin, minal aizdin wal faizdin mohon maaf lahir dan batin.” Ujar ketua YPP Tegal.

Tahun ini halalbihalal keluarga besar UPS Tegal mengangkat tema “pererat silaturahmi, tingkatkan kinerja, perkat integritas untuk UPS Tegal lebih maju.”

Dalam kesempatan yang baik ini pula kegiatan diisi sirman rohani oleh Dr. KH. Sam’ani, M.Ag. yang berasal dari Pekalongan. Beliau menyampaikan mengenai arti kata idul yang dapat berarti hari raya dan dapat pula berarti kembali.

Uniknya pula dalam kesempatan ini dihadirkan hiburan musik gambus modern yang disguhkan oleh kelompok tim dosen UPS Tegal yang mendedndangkan lagu-lagu islami sebagai penghibur hadirin disela-sela acara sehingga suasana menjadi lebih akrab dan menghibur.

Selain acara silaturahmi keluarga besar UPS Tegal dalam kesempatan yang baik tersebut pula diberikan penghargaan kepada dosen yang sudah purnatugas dari UPS Tegal. Beliau adalah Dra. Sri Sumarsih, M.Pd. yang telah mendedikasikan pengbadian dengan semangat, kerja keras, dan pemikirannya selama 35 tahun di UPS Tegal.

Acara hahalbihalal kemudian ditutup dengan doa bersama dan saling bersalam-salaman antarkeluarga besar UPS Tegal dan dilanjutkan dengan ramah tamah bersama.   

Rate this item
(0 votes)
Published in Berita Kampus

Hot events