PERINGATI DIES NATALIS FKIP UPS TEGAL ADAKAN SEMINAR PENDIDIKAN

  • Tuesday, Jul 10 2018

Tegal – pendidikan yang sungguh-sungguh dijalankan dapat memberikan keuntungan yang besar di masa depan. Oleh karena itu, pendidikan merupakan investasi jangka panjang maka diperlukan keseriusan dan dan keseungguhan dalam melakukan pendidikan. Pendidikan yang berkualitas merupakan syarat yang harus dimiliki oleh lembaga pendidikan untuk dapat menjadi sarana pengembangan kompetensi bagi mahasiswa.

Sebagai salah satu peningkatan kompetensi mahasiswa, FKIP UPS Tegal mengadakan seminar pendidikan sebagai ajang peningkatan soft skill mahasiswa di lingkungan FKIP UPS Tegal. Seminar yang diadakan di Auditorium Dariyoen Seno Atmodjo Universitas Pancasakti Tegal tersebut dihadiri oleh mahasiswa FKIP UPS Tegal yang berjumlah 536 orang.

Seminar pendidikan yang diadakan Selasa 3 Juli 2018 tersebut mengusung tema penguatan budaya literasi pendidikan dikalangan mahasiswa merupakn rangkaian acara dalam kegiatan Dies Natalis FKIP UPS Tegal yang ke-38 tahun. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai bentuk pengembangan soft skill mahasiswa dalam menyongsong masa depan. Soft skill dan kemampuan literasi mahasiswa diperlukan untukmempersiapkan mahasiswa cerdas, aktif, kreatif, terampil, dan berkarakter agar dapat berperan aktif dalam seluruh aspek kehidupan.

Kegiatan seminar diawali oleh sambutan Dekan FKIP UPS Tegal Drs. Masfuad Edy Santoso, M.Pd. dalam sambutannya Beliau berterimakasih kepada pembicara utama Prof. Dr. DYP Sugiharto, M.Pd. yang telah berkenan hadir di tengah-tengah mahasiswa untuk memberikan ilmu dan informasi dalm seminar tersebut.

“Mudah-mudahan acara berjalan dengan lancar, kepada mahaiswa diharapkan untuk fokus dan menyimak dengan sungguh-sungguh dengan materi yang diberikan oleh Prof. DYP Sugiharto, M.Pd. sehingga dapat mengambil ilmu yang diberikan”, ujar Dekan FKIP dalam Pembukaan seminar.

“saya ucapkan terima kasih kepada Prof. Dr. DYP Sugiharto, M.Pd. selaku Kordinator Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah yang bernan hadir di tengah-tengah kita, semoga Prof. DYP berkenan dan kami memohon maaf jika terdapat kekurangan dalam kegiatan seminar ini” tambahnya.

Acara seminar pendidikan dalam rangka Dies Natalis FKIP UPS Tegal ke-38 tersebut dibuka oleh Rektor UPS Tegal Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum. dalam sambutan sekaligus membuka acara tersebut Rektor UPS Tegal menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada FKIP UPS Tegal yang telah mengadakan seminar pendidikan sebagai bekal mahasiswa dalam membudayakan literasi di lingkungan UPS Tegal.

Dalam sambutannya pula Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum. menyampaikan bahwa usia ke-38 tahun merupakan usia yang sangat matang dalam mengelola institusi pendidikan. Tema seminar Dies Natalis FKIP UPS Tegal tahun ini sesuai dengan visi misi UPS Tegal yang unggul dalam literasi pada tahun2024.

“Literasi pada awalnya hanya dikaitkan dengan baca, tulis, dan hitung (calistung) namun dalam perkembangannya literasi merupakan bentuk pemahaman untuk memahami dan menggunakan potensi yang dimiliki dalam upaya berwacana secara tulis dan lisan untuk memecahkan masalah”, tambahnya.

Selain itu Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum menambahkan bahwa penerapan visi misi universitas ini harus dimaknai dan ditanamkan dengan baik kepada mahasiswa khususnya FKPI karena mahasiswa sebagai penerus kehidupan berbangsa dan bernegara.

Acara seminar pendidikan FKIP diisi oleh Prof. Dr. DYP Sugiharto, M.Pd. sebagai pembicara utama. Prof. DYP. Sugiharto, M.Pd. yang merupakan ketua kopertis Wilayah VI Jawa Tengah mengaku berbahagia dengan kegiatan akademik mahasiswa yang dilakukan oleh FKIP UPS Tegal. Kegiatan seperti ini ssangat diperlukan oleh mahasiswa dalam mengembangankan kompetensi dan skill yang dimiliki.

Dalam paparannya Prof. DYP menyampaikan kepada mahasiswa bahwa mahasiswa FKIP harus berbangga dengan almamaternya. Hal ini didasari oleh karena UPS Tegal merupakan salah satu universitas yang memiliki Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) dengan nilai B. Sebanyak 257 Universitas Swasta di Jawa Tengah baru terdapat 47 Universitas yang terakreditasi Institusi salah satunya adalah UPS Tegal dengan nilai B.

Paparan Prof. DYP Sugiharto, M.Pd. yang berjudul “Penguatan Literasi Mahasiswa Era Revolusi Industri 4.0” merupakan impelentasi dari perubahan zaman. Lulusan perguruan tinggi harus responsif terhadap perubahan zaman jika tidak mengikuti maka akan tergilas di era disrupsi.

Di dunia kerja Era Revolusi Industri 4.0, merupaka era disrupsi yang merupakan peralihan ke era digital sehingga diperlukan tambahan dan penguatan literasi baru. Literasi lama hanya fokus dalam membaca, menulis, dan berhitung atau matematika, namun dalam pandangan lterasi baru berpandangan bahwa bentuk literasi meliputi literasi data, literasi teknologi, dan literasi manusia.

Prof DYP Sugiharto, M.Pd. juga menyampaikan bahwa literasi manusia memegang peranan penting dalam era disrupsi ini. Untuk bisa ikut berkontribusi dalam perkembangan zaman ini makan diperlukan mahasiswa yang memilki kemampuan berproses dan kemauan belajar agar memiliki kesadaran individual atau kelompok yang bersifat otonom untuk menjadi sumber daya insani yang memiliki karakter, kompetensi dan jiwa kompetetif. Dengan memiliki kompenen tersebut maka mahasiswa bisa mengikuti dan menjadi pemenang dalam perkembangan era digital disrupsi tersebut.

Rate this item
(0 votes)
Published in Berita Kampus

Hot events