News

UPS Mengabdi di Sekolah, Program Center of Excellence (CoE) Prodi Pendidikan IPA FKIP UPS Tegal di SMP IT Usamah Kota Tegal

Tegal – Universitas Pancasakti (UPS) Tegal telah menerjunkan mahasiswa “UPS Mengabdi di Sekolah” Program Center of Excellence (CoE) sebagai implementasi MBKM Prodi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan pada tahun 2021. Sejumlah 10 mahasiswa terdiri dari 5 mahasiswa Pendidikan IPA, 3 mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, dan 2 mahasiswa Bimbingan Konseling di SMP IT Usamah Kota Tegal.

UPS Mengabdi di Sekolah (School Community Service Pancasakti) merupakan salah satu bentuk kegiatan MBKM hasil integrasi antara kegiatan Asistensi Mengajar dan KKN Tematik. Kegiatan ini diselenggarakan untuk mengembangkanintra dan interpersoal skills, juga mengembangkan transferable-employability skills. KKN Tematik meliputi kegiatan lingkungan hidup, Pengembangan Ekstrakurikuler dan Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran bagi Guru
Melalui UPS Mengabdi di sekolah diharapkan Mahasiswa dapat mengasah softskill kemitraan, kerjasama tim lintas disiplin/ keimuan (lintas kompetensi), dan leadership mahasiswa dalam mengelola program kegiatan di lingkungan sekolah. Memberikan manfaat bagi sekolah mitra dalam proses pembelajaran dan penanaman karakter pada siswa serta peningkatan kompetensi Guru Sekolah mitra.

Mewujudkan tercapainya pelaksanaan program CoE (Center of Excelent) MBKM Prodi Pendidikan IPA dalam bentuk kegiatan asistensi mengajar dan KKN Tematik di satuan pendidikan yang efektif dan berkualitas. Harapan dari kegiatan ini, dapat menjalin hubungan Kerjasama yang baik anatara UPS dan SMP IT Usamah Kota Tegal yang dilaksanakan selama 2 Bulan (5 Agustus – 15 September 2021). (Fah)

Leave a comment

Translate »