News

UPS Tegal Implementasikan PKKM Melalui Lokakarya Tata Kelola MBKM

TEGAL – Universitas Pancasakti Tegal menyelenggarakan Lokakarya Tata Kelola MBKM Program Kompetisi Kampus Merdeka Belajar (PKKM) bertempat di Bahari Inn Tegal Kuala Room, belum lama ini.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Profesi  UPS Tegal sebagai pengelola Hibah MBKM 2021 dan dilakukan secara luring dan daring. Kegiatan Luring dihadiri oleh 18 peserta yang terdiri dari perwakilan Kepala Lembaga/Unit di UPS Tegal seperti Badan Penjaminan Mutu, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Kantor Urusan Kerjasama, Puskom UPS, serta BAAK UPS  yang bersinergi untuk menghasilkan luaran berupa dokumen tata kelola MBKM dan desain SIM MBKM. Kegiatan daring dihadiri oleh Wakil Dekan bidang Akademik seluruh Fakultas, Kaprodi se UPS Tegal serta Gugus Jaminan Mutu dari setiap Fakultas. Total seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 50 orang. Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari pada hari Rabu-Kamis tanggal 18-19 Agustus 2021 dengan 4 sesi  dengan berbagai pemateri yang professional di bidangnya dibuka langsung oleh Rektor Universitas Pancasakt Tegal Prof. Dr.Fakhruddin. M.Pd. dimana Dalam sambutan beliau mengatakan,

Pada hari pertama Rabu di awal sesi di sampailkan oleh bapak Drs. Ishafit, M.Pd selaku Kepala Lembaga Pengembangan Pendidikan Profesi Universitas Ahmad Dahlan membahas mengenai “Best Practice Tata Kelola MBKM di Universitas” ,  dalam penjelasannya menerangkan secara jelas terkait implementasi MBKM di Perguruan Tinggi, dimulai dari IKU (indikator kinerja utama), parameter kinerja, serta berbagai program program unggulan di MBKM (Merdeka BelajarKampus Merdeka). Dilanjutkan dengan sesi Tanya jawab antara peserta dan pemateri yang berlangsung sampai pukul 12.00 siang. Sangat jelas  , terlihat beberapa peserta sangat antusias dengan menanyakan berbagai permasalahan MBKM di lingkungan perguruan tinggi. Berlanjut dengan sesi ke- 2 dimulai dari pukul 13.00 siang sampai 16.00 sore dan pemateri ke 2 tersebut adalah Dr. Nining Sugiharti, M.Si selaku Kepala Badan Penjaminan Mutu, Universitas Ahmad Dahlan. Pembicara sesi ke-2 menyampaikan materi berkaitan dengan “Sistem Penjaminan mutu untuk rekam data MBKM” lebih mengarah tentang  implemetasi  dan manajemen penjaminan mutu MBKM di Perguruaan tinggi yang sudah berjalan. Dalam hal ini perlu dilakukan persiapan mulai dari Perencanaan, Organisasi, Pelaksanaan dan evaluasi Program MBKM serta pengawasan dalam pelaksanaan MBKM. Berlanjut di Hari Kamis, 19 Agustus 2021 dimulai dengan sesi yang ke- 3 oleh Bapak Dr. Saiful Ridho, M.Si selaku Kepala Pusat Kurikulum dan Inovasi Pembelajaran UNNES, juga merupakan Trainer Kurikulum Belmawa Dikti dengan materi “Kunci sukses Penyusunan Kurikulum KKNI bermuatan MBKM” memaparkan pentingnya kurikulum sebagai modal kesuksesan pelaksanaan MBKM di UPS Tegal. Sesi ke- 4 mengenai “Pengembangan Instrument Penjaminan Mutu Bermuatan MBKM” disampaikan oleh Bapak Prof. Dr. Hari Purnomo.M.T sebagai Ahli Penjaminan Mutu dan Tata Kelola PT  berasal dari Universitas Islam Indonesia Yogyakarta yang menjelaskan tentang penyediaan dokumen mutu serta panduan yang simple dan implementatif diperlukan untuk mendukung pelaksanaan MBKM.

Mobinta Kusuma M.Pd selaku Kepala LPPP UPS Tegal sekaligus Ketua Tim Taskforce PKKM UPS Tegal menyatakan bahwa Program Kompetisi Kampus Merdeka merupakan salah satu Hibah MBKM yang diterima oleh UPS Tegal dengan capaian dana sebesar 1,9 Milyar. Kegiatan Lokakarya Tata Kelola MBKM merupakan salah satu kegiatan yang diusulkan dalam PKKM UPS Tegal yang telah disetujui oleh Dikti untuk dapat mewujudkan Institusional Support System (ISS) MBKM yang berkualitas, selain itu terdapat program kegiatan lain yang diusung oleh prodi yang lolos seleksi Hibah PKKM yaitu Prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer UPS Tegal.

Leave a comment

Translate »