News

Rektor Bersama Rombongan Monitoring KKN Disejumlah Wilayah

Rektor dan Para Wakil Rektor melakukan kunjungan monitoring KKN di sejumlah tempat KKN, dalam hal ini ada 4 wilayah Kota Tegal, Kab, Tegal, Kab, Pemalang dan Kab Brebes, Selasa (31/8).

Untuk kegiatan monitoring di mulai dari tanggal 21sampai 30 Agustus 2021 dan di bagi bagi wilayahnya antara Rektor, Wakil Rektor 1, Wakil Rektor 2 Wakil Rektor 3 dan Para Dekan Di Lingkungan Universitas Pancasaktin Tegal.

Kali ini Rektor bersama rombongan yang didampingi oleh sekertaris Yayasan Dr. Taufiqullah M.Hum yang kebetulan DPL KKN Kelurahan kejambon melakukan kunjungan ke kelurahan kejambon.

Dalam kunjunganya Rektor bersama rombongan di terima di Kantor Kelurahan Kejambon dan di Terima Langsung Oleh Lurah Kejambon Agus Pramuardi ,S.H beserta Perangkat desa dan beberapa mahasiswa KKN salah satunya ketua Kordes KKN Kejambon Mustofa.

Dalam pembicaraan tersebut Lurah kejambon Agus Pramuardi S.H sangat mengapresiasi kehadiran dan kinerja mahasiswa UPS yang sangat bagus dan sangat membantu warga masyarakat kejambon khususnya dan kelurahan kejambon umumnya serta sangat senang dengan adanya mahasiswa UPS di kelurahan kejambon dan beliau berharap agar tahun berikutnya ada lagi mahasiswa UPS yang KKN di kelurahan kejambon.

Dalam diskusi tersebut Rektor dan lurah juga menyepakati beberapa kerja sama yang akan di tindak lanjuti. Jumlah peserta kelompok KKN di kelurahan kejambon ada 10.

Dalam kunjungaanya mahasiswa dan kelurahan juga memaparkan beberapa program unggulan mahasiswa KKN yang telah berhasil di kelurahan kejambon diantaranya ada
– hidroponik (kangkong dan serada)
– tanaman herbal (daun bidara, serai dan lemon).

Program KKN di masa Pandemi terutama saat PPKM di Kota Tegal, memang sangat terbatas, dalam setiap program yang dilaksanakan, mahasiswa diminta untuk menghindari kegiatan2 yang melibatkan kerumunan masa.

Selain itu, mahasiswa juga berperan aktif membantu program program pemerintah melalui kelurahan seperti pendampingan vaksinasi, pembagian masker ke masyarakat terutama saat pasar tiban pada akhir pekan di wilayah GOR Wisanggeni kota Tegal, penyediaan tempat cuci tangan di beberapa titik kelurahan kejambon.

Dr.Taufiqullah M.Hum Sekertaris YPP dan DPL KKN Kelurahan Kejambon, menambahkan bahwa
Monitoring dan Evaluasi yang dilaksanakan oleh Pimpinan Universitas bertujuan untuk melihat kinerja Panitia KKN 2021 termasuk didalamnya pelayanan ke mahasiswa peserta KKN, Penerapan Model KKN 2021 dan juga Pelaksanaan KKN. Disamping melihat Kinerja Panitia, monitoring juga dilakukan untuk melihat kondisi riil yang dilakukan oleh mahasiswa bersama dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) apakah kegiatan KKN sesuai yang direncanakan, melibatkan masyarakat dalam berkegiatan serta capaian-capaian yang sudah dilakukan mahasiswa dan DPL. Monitoring juga dilakukan oleh pihak eksternal dalam hal ini Bappeda/Baperlitbangda masing-masing wilayah, yang mempunyai tujuan yang sama.

Sementara itu, Ketua KKN Irfan Santosa, ST. MT menambahkan, Hasil monitoring dan evaluasi dari pihak pimpinan maupun eksternal akan dijadikan sebuah landasan untuk kegiatan KKN tahun depan.

Leave a comment

Translate »