News

FKIP UPS Gandeng FMIPA UNNES

FAKULTAS Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pancasakti (UPS) Tegal menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Semarang (UNNES) terkait Penyelenggaraan Pertukaran Pelajar Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Penandatanganan dikawal langsung oleh Rektor UPS Prof. Fakhruddin, M.Pd. di Semarang, Kamis (10/12).

Dekan FKIP Dr. Suriswo M.Pd. mengatakan, perjanjian kerja sama ini bertujuan mengatur hubungan kerja sama dalam pengembangan kualitas akademik, terutama Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam Bidang Pendidikan, yakni pertukaran mahasiswa sebagai bentuk implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

“Dimana, fungsi utama kerja sama adalah membangun dan mengembangkan wawasan secara global dalam nuansa kesetaraan dalam upaya meningkatkan kualitas akademik,” kata Suriswo.

Pertukaran mahasiswa difokuskan khususnya Program Studi Pendidikan IPA dan Pendidikan Matematika UPS. Menurut Ketua Program Studi Pendidikan IPA UPS, M. Aji Fatkhurohman, M.Pd. ini merupakan wujud komitmen lembaga untuk memfasilitasi dan mengimplementasikan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

“Dengan memberikan hak dan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar program studinya, kompetensi mahasiswa diharapkan akan lebih beragam dan lebih siap untuk menghadapi persaingan dalam skala nasional maupun global,” ujar Aji.

Sementara Ketua Program Pendidikan Matematika UPS Rizqi Amaliyakh, M.Pd. berharap Perjanjian Kerja Sama dilanjutkan implementasi kerja sama, sehingga mahasiswa bisa menggunakan kesempatan ini untuk memperluas pengalaman belajarnya. “Tidak hanya mahasiswa, tetapi juga semua pihak bisa mendapatkan manfaat dari Perjanjian Kerja Sama,” ujar Rizqi.

Leave a comment