News

Kerjasama UPS Tegal dengan University Karabuk Turkey

Kerjasama cukup menarik dilakukan Universitas Pancasakti (UPS) Tegal, dengan University Karabuk Turkey (Turki). Salah satunya, lant

aran kemajuan signifikan yang dicapai perguruan tinggi luar negeri tersebut.

Menurut Kepala Kantor Kerjasama dan Urusan Internasional UPS Tegal Dr Yoga Prihatin MPd, bila melihat profir University Karabuk, tentu akan melihat sebuah lompatan pengelolaan pendidikan yang cukup menarik.

”Berdiri pada 2007, merupakan universitas negeri di Turki, tapi sekarang sudah memiliki 49.000 mahasiswa lokal, dan 9.000 mahasiswa dari berbagai negara. Penelitian dan publikasi ilmiahnya juga sudah banyak yang go international. Artinya sudah banyak diterbitkan dalam jurnal ilmian internasional,” terang dia.

Berbagai kemajuan pendidikan seperti itulah, lanjut dia, yang membuat UPS Tegal perlu banyak menyerap ilmunya. Selain dari sisi pengelolaan maupun managemen pendidikannya, juga bagaimana meningkatkan kerjasama untuk meningkatkan kualitas pendidikan di perguruan tingginya.

”Kami ingin memperkuat penelitian dan publikasi internasional, menggandeng kerjasama

dengan perguruan tinggi negeri dari Turki. Selanjutnya di tahun-tahun berikutnya, akan ditingkatkan dengan kerjasama pertukaran mahasiswa, dosen maupun profesor. Ini demi peningkatan kualitas perkuliahan dan melahirkan lulusan yang unggul dan dapat diandalkan dalam persaingan tenaga kerja di masa mendatang,” ucap dia.

Berbagai Kerjasama

Dia mengungkapkan, meski ada kendala Pandemi Covid 19, sejauh ini perguruang tingginya terus melakukan upaya berbagai kerjasama dengan perguruan tinggi di Asia, Eropa dan Afrika.

Kerjasama yang telah dilakukan, antara lain, Student Mobility Program, Joint Conference, Joint Publication, dan kunjungan professor baik secara on line maupun off line. Juga sejumlah kerjasama lainnya.

Di masa pandemi, kata dia, kerjasama yang dilakukan tentunya lebih banyak bersifat virtual. Tapi hal itu dinilainya tidak mengurangi semangat perguruan tingginya dan kualitas kerjasama yang dilakukan.

Sementara itu, berkait dengan kerjasama tersebut, Rektor UPS Tegal Universitas, Prof Dr Fakhruddin MPd mengatakan, sangat bangga. Karena mampu menjalin kerjasama dengan Universitas Karabuk, yang merupakan perguruan tinggi berkualitas unggul. Baik pendidikannya maupun kualitas lulusannya.

Kebanggaan yang sama juga disampaikan Rektor University Karabuk Turkey, Prof Dr Refik Polat. Pihaknya sangat senang menjalin kerjasama berbagai bidang dengan UPS Tegal.

Apalagi perguruan tinggi dari Indonesia itu, diketahui sudah cukup banyak menjalin kerjsama dengan berbagai perguruan tinggi dari berbagai negara. Hal itu dapat menjadi modal penting dalam meningkatkan kualitas kerjasama di bidang peningkatan pendidikan tinggi.

Leave a comment

Translate »