LP3 UPS Gelar Workshop Penyusunan pedoman Kurikulum KKNI Berbasis Outcome Based Education (OBE)
Tegal, 6 Mei 2025 bertempat di aula Ki Hajar Dewantara Universitas Pancasakti Tegal, LP3 UPS menggelar sebuah acara yang bertemakan “Workshop Penyusunan Kurikulum KKNI Berbasis Outcome Based Education (OBE)”.
Acara digelar selama satu (1) hari dan di ikuti oleh semua wakil dekan 1 dan semua Kaprodi yang ada di lingkungan Universitas Pancasakti Tegal dan menghadirkan narasumber yang kompeten yaitu Dr. Ahwy Oktradiksa, M.Pd.I dari Universitas Muhammadiyah Magelang. Acara dibuka oleh Wakil Rektor 1 ibu Dr. Dien Novianti R, SE.,MM., CA.,Ak., mewakili rector sebagai penanggungjawab bidang akademik Universitas Pancasakti Tegal.
Dalam sambutannya Dr. Dien Novianti R, SE.,MM., CA.,Ak.menyampaikan bahwa Saat ini kecepatan pemanfaatan teknologi dan produksi inovasi berkembang sangat pesat sehingga memunculkan kesenjangan antara dunia pendidikan dengan kebutuhan SDM di dunia kerja dan masyarakat. Tantangan pendidikan abad 21 adalah peran dan strategi dalam menjembatani kesenjangan antara proses pendidikan di Perguruan Tinggi dengan dunia kerja dan kebutuhan inovasi. Salah satu pendekatan yang digunakan untuk mewadahi pendidikan abad 21 adalah Outcome-Based Education (OBE).
Sementara itu kepala LP3 Dr. Dewi Amaliah Nafiati, S.Pd, M.Si menyampaikan bahwa OBE adalah sistem pendidikan yang berfokus pada pencapaian pembelajaran dimana pendidikan tidak hanya berpusat pada materi yang harus diselesaikan namun juga outcome. Secara sederhana, kurikulum ini menekankan pada keberlanjutan proses pembelajaran secara inovatif, efektif, serta interaktif. Sehingga anak didik dapat mengembangkan keterampilan baru yang mempersiapkan mereka di level lebih global.
Outcome-Based Education (OBE) juga salah satu pendekatan yang menekankan pada keberlanjutan proses pembelajaran secara inovatif, interaktif, dan efektif. Sehingga penerapan OBE berpengaruh pada keseluruhan proses pendidikan dari rancangan kurikulum; perumusan tujuan dan capaian pembelajaran; strategi pendidikan; rancangan metode pembelajaran; prosedur penilaian; dan lingkungan/ekosistem pendidikan.//Tiar//humasupstegal.ac.id