Untuk
kesekian kalinya Universitas Pncasakti Tegal menerima Kunjungan dan Benchmarking
dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia . Dan hari ini giliran dari
Universitas Ngudi Waluyo yang melakukan Benchmarking di Universitas Pancasakti
Tegal di Kampus 1 Gedung Rektorat Lantai 2 pada Rabu 2 Oktober 2024.
Benchmarking
adalah suatu proses Studi Banding dan mengukur suatu kegiatan organisasi
terhadap proses operasi yang terbaik dikelasnya sebagai inspirasi dalam
meningkatkan kinerja (performance) organisasi. Universitas Ngudi Waluyo
melakukan benchmarking terkait Pelaksanaan AL, APT, BAN-PT Akreditasi Unggul
yang di pimpin oleh Prof. Dr. DYP Sugiharto, M.Pd selaku Ketua Umum Dewan
Pengurus Yayasan Ngudi Waluyo Ungaran, hadir juga Prof. Dr. Subyantoro,
M. Hum (Rektor Universitas Ngudi Waluyo Ungaran), Dr. Sigit Ambar Widyawati,
S.KM.,M.Kes (Wakil Rektor 1), Rosalina, M.Kes (Wakil Rektor 2), Rahardjo
Apriyatmoko, SKM.,M.Kes ( Wakil Rektor 3) Dr. Kustiyono (Wakil rektor Bidang
Kerjasama dan Alumni dll.
Kunjungan
Tim Benchmarking Universitas Ngudi Waluyo ini diterima langsung oleh Rektor
Universitas Pancasakti Tegal Dr Taufiqulloh M.Hum, Prof Dr Purwo Susongko M.Pd
(Wakil Rektor 1, Dr Fajar Ari Sadewo (Wakil Rektor II), Imam Asmarudin SH MH,
Kepala UPT Kerjasama dan Urusan Internasional Ihda Rosdiana M.Hum dan beserta,
BPMU dan semua TIM Task force APT UPS.
Pada
kesemapatan itu juga dilakukan Penandatanganan Kerja sama Institusional (Nota
Kesepahaman) antara Universitas Pancasakti Tegal dan Universitas Ngudi Waluyo.
Rektor UPS Dr Taufiqulooh M.Hum menyambut baik kunjungan yang dilaksanakan oleh
Universitas Ngudi Waluyo . Pihaknya mengatakan kunjungan dan penandatanganan
Nota Kesepahaman ini bisa menjadi awal dari kolaborasi kedua belah pihak
khususnya berkaitan dengan Tridharma Perguruan Tinggi seperti Joint
Lecture, Research, dan Community Service.
”UPS
siap berbagi dan membantu akreditasi
Universitas Ngudi Waluyo, berbagai Strategi dan trik trik yang mengantarkan
kita unggul sudah kita maksimalkan salah satunya adalah Internasionalisasi, Digitalisasi
dan kolaborasi. Berbagai kegiatan Internasionalisasi kita jalankan mulai
pertukaran mahasiswa Asing, magang di Luar Negeri, sign in, summer camp dll.
Kita juga sudah memaksimalkan digitalisasi, semuanya di UPS pake sistem digital
tidak lagi manual, mulai dari akademik, surat menyurat, pembelajaran sampai
pada Sistem penjaminan mutu Internal pake digital ”E SPMI”. Semua Kriteria
mulai dari kriteria 1 sampe 9 saling berkolaborasi satu sama lain. ” ungkapnya
Ketua
Umum Dewan Pengurus Yayasan Ngudi Waluyo Prof. Dr. DYP Sugiharto, M.Pd menyampaikan terimakasih
atas sambutan luar biasa yang telah menerima dengan baik Universitas Ngudi
Waluyo untuk melaksanakan benchmarking sekaligus penandatanganan Nota
Kesepahaman di Universitas Pancasakti Tegal. Ia juga mengatakan bahwa ada
banyak ilmu yang bisa kita dapatkan dan hal yang bisa bisa kita contoh dari UPS. Beliau
mengapresiasi kinerja UPS karena sampai ”Unggul”, Hanya ada 2 kata untuk UPS ”Luar
Biasa”. Semua Universitas Swasta menginginkan ”Unggul” UPS mewujudkanya, Semua
Universitas menginginkan Fakultas Kedokteran UPS sedang mewujudkanya, Semua
Universitas Menginginkan ada S3 UPS pun sedang mewujudkanya sungguh luar biasa.
Semua ini tidak lepas dari seorang kepiawaian Rektor UPS yang cekatan dan sat
set. ” Tuturnya.
Rektor
Universitas Ngudi Waluyo Prof. Dr. Subyantoro, M. Hum menambahkan ”saya
beserta tim senang sekali bisa berkunjung ke UPS dan di terima dengan tangan
terbuka dan hangat. Ini adalah kesempatan yang sangat berharga, kita dapat
banyak ilmu dan pengalaman yang luarbiasa dan kesmpatan yang berharga menimba
ilmu dari UPS terutama dalam hal akreditasi dll. Kami akan mempersiapkan semua saran
masukan strategi yang telah di sampaikan Pak Rektor UPS. ” tuturnya
“Kami
datang dengan rombongan besar, karena sekarang era kolaborasi, kita tidak dapat
berdiri sendiri. Kami ingin banyak berdiskusi, belajar melihat, mendengar, dan
mengadopsi dari UPS yang Luar biasa” Imbuhnya
Selain itu, kunjungan tersebut
bertujuan untuk menjalin Kemitraan dalam wujud penandatanganan Memarondum of
Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman, dan Memorandum of Agreement (MoA)
atau Perjanjian Kerja Sama salah satunya Peminjaman Dosen untuk mengajar di
Universitas kami. kegiatan ini ditutup dengan diskusi dans Foto Bersama.